Kamis, 30 April 2015

3. Setiap orang pasti pernah berada di dalam sebuah kelompok dengan tujuan yang sama, termasuk juga Anda. Ceritakanlah pengalaman Anda berada di dalam suatu kelompok, entah itu kelompok belajar ataupun kelompok bekerja dan keputusan apa yang pernah Anda ambil untuk kelangsungan kelompok tersebut?



Saat itu saya kelas 12 SMA, jadi setiap siswa yang telah memasuki kelas 12 memiliki sebuah tugas (kelompok) penelitian yang akhirnya harus dipresentasikan melalui seminar. Didalam seminar juga terdapat beberapa guru yang nantinya mempunyai tugas untuk menanyakan semua isi dari makalah hasil penelitian kami. Setiap kelompok memiliki 1-2 guru pembimbing untuk membantu dalam pengerjaan makalah. Saya pun mendapat kesempatan untuk menjadi ketua dalam kelompok yang ditunjuk langsung oleh guru pembimbing saya.
Awalnya semua berjalan dengan baik hingga pada akhirnya pada kurang beberapa hari menuju seminar muncul masalah yaitu terdapat salah satu anggota saya yang mendapat musibah yakni kecelakaan sepeda motor, boleh diketahui bahwa jika salah satu anggota kelompok tidak hadir dalam seminar maka kelompok tersebut akan dikurangi penilaiannya. Akhirnya saya memutuskan untuk berdiskusi dengan guru pembimbing saya, hal apa yang harus lakukan agar semua anggota kelompok saya tidak mengalami kerugian. Beliau hanya mengatakan bahwa semua kembali lagi ke kelompok saya dan saya harus memutuskan keputusan yang saya ambil. Saya melakukan rapat mendadak dengan semua anggota kelompok, saya mengatakan kepada mereka bahwa kita harus tetap presentasi apapun itu resikonya karena kita sudah bersusah payah dalam mengerjakan makalah ini. Semua anggota pun setuju termasuk salah satu anggota saya yang mengalami musibah yang setelah rapat diberitahukan oleh anggota lain.
Sekian cerita singkat pengalaman yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar