Jumat, 24 Juni 2016

Macet



Kemacetan adalah sesuatu yang melekat dengan Ibukota Indonesia, tentunya kemacetan sekarang tidak hanya terjadi di ibukota Jakarta saja, banyak tempat – tempat di daerah jawa barat juga mulai langganan macet seperti Jakarta. Banyaknya jumlah penduduk di Indonesia adalah salah satu penyebab kemacetan dan tentunya juga jumlah kendaraan terus meningkat dari tahun ketahun kira – kira dari tahun 2012 ke tahun 2013 adalah 11% untuk kenaikan pengguna kendaraan di indonesia. Dari 11% itu jumlah penyumbangan paling terbesar lagi – lagi sepedah motor, kenaikan pengguna sepedah motor adalah 11%, dari 77,755 juta unit menjadi 86,253 juta unit di seluruh Indonesia, dan penyumbang ke dua dari mobil penumpang dengan 10,54 juta unit, juga naik 11 persen dari tahun sebelumnya 9,524 juta unit. Populasi mobil barang (truk, pikap, dan lainnya) tercatat 5,156 juta unit, naik 9 persen dari 4,723 juta unit.
Terbayang begitu banyaknya jumlah peningkatan kendaraan pada negara ini, tentunya dengan terjadinya hal ini pemerintah berusa mencari jalan keluar dengan bantuan wali kota Jakarta dan daerah sekitarnya yang mengalami kemacetan sama seperti Jakarta. Kemacetan dijakarta dan derah sekitar jakarta mulai terjadi pada tahun 1990-an, terbayang sudah berapa lama masalah kemacetan di Indonesia tidak pernah menemui solusi yang baik, karna pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat hal ini makin menyulitkan para petinggi negara. mari kita lebih masuk kedalam penyebab – penyebab kemacetan, ada 6 penyebab kemaacetan yaitu :

1. Demo
Sekarang begitu banyak orang yang ingin menyampaikan aspirasinya, namun kebanyakan para pendemo juga memblokir jalan yang sedang dipakainya untuk menyampaikan aspirasinya, tapi terkadang ada juga sebagian para pendemo menyuruh turun pengendara sepedah motor dan mobil untuk ikut serta dalam demo itu dengan berbagai bentuk ancaman. Hal ini mestinya tidak dilakukan jika ingin menyampaikan aspirasinya dengan cara yang baik, bukankah kita negara yang menganut demokrasi ?, seharusnya kita sebagai warga negara harus membudayakan kebiasaan baik itu harus mengerti musyawarah, tanpa ada kekerasan dan tanpa harus mengorbankan waktu oranglain kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan demokrasi dan musyawarah.

2. Penggalian Jalan
Penggalian jalan juga terkadang memang membuat keadaan menjadi macet, karna penggalian menyebabkan penyempitan jalanan yang tidak bisa dihindarkan lagi. Namun penggalian juga penting untuk perkembangan infrastruktur, namun sekali lagi harus melihan kondisi pada saat itu sedang ramai ataukah sepi, dan diusahakan juga ada pengalihan untuk kendaraan kendaraan besar agar mengurangi resiko kemacetan.

3. Perkembangan Penduduk
Kita akan masuk lebih dalam tentang masalah ini, ternyata perkembangan penduduk yang terjadi di Indonesia sungguh sangat luar biasa besarnya, hal ini menyebabkan permintaan kendaraan juga akan bertambah hal ini terus difikirkan oleh pemerintah. Sampai sekarang solusi untuk mengatasi hal ini masih belum ditemukan, namun pemerintah jug sudah mensosialisasikan tentang program KB (keluarga berencana). Pemerintah mengikuti program yang sudah dipakai di amerika serikat, dan di amerika serikat program ini cukup berhasil, namun di Indonesia program ini banyak mengalami pro dan kontra, perbedaan pendapat ini menimbulkan program ini tidak berjalan efektif. Jadi sampai sekarang masalah ini lah yang paling mempengaruhi kemacetan.

4. Ada arus urbanisasi besar-besaran warga dari pedesaan menuju ibu kota
Karna adanya urbanisasi besar – besaran warga dari pedesaan menuju ibu kota sehingga menambah kepadatan penduduk yang terpusat di jakarta. Tentunya pemerintah tidak tinggal diam atas hal ini, pemerintah langsung bergerak cepat dengan memindahkan para warga dari pedasaan ke daerah – daerah yang berdekatan dengan jakarta agar mengurangi terjadinya kepadatan dan kemacetan yang akan terjadi dijakarta.

5. Pertambahan Kendaraan Baru
Hampir setiap detik, menit atau hari ada saja kendaraan baru yang turun ke jalan, entah itu berupa sepeda motor baru, mobil baru atau jenis angkutan lainya, penambahan jumlah kendaraan ini melebihi batas kapasitas infrastruktur jalan yang ada sehingga tidak sanggup menampung semua kendaraan dalam waktu yang sama. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kendaraan semakin tahun naik dengan pesatnya, dan pada tahun ini penggunaan kendaraan baru sampai 11% dari tahun sebelumnya.

6. Penduduk Yang Mempunyai Kendaraan Banyak
Masyarakat yang berada pada posisi ekonomi bagus seringkali memiliki lebih dari satu kendaraan, misalnya jika dalam satu keluarga yang terdiri dari suami istri dan lima orang anak, maka dalam keluarga tersebut bisa terdapat dua mobil untuk suami istri dan lima sepeda motor untuk digunakan lima anak. Nah ini juga termaksud pada peningkatan jumlah penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar