Selasa, 07 Juni 2016

Resensi Film American Sniper



Detail Film “American Sniper”
1.      Sutradara               : Clint Eastwood
2.      Produser                : a) Bradley Cooper
                                      b) Clint Eastwood
                                      c) Robert Lorenz
                                      d) Andrew Lazar
3.      Penulis Naskah      : Jason Dean Hall
4.      Pemain                  : a) Bradley Cooper sebagai Chris Kyle
                                      b) Sienna Miller sebagai Taya Renae Kyle
5.   Genre                    : Aksi, Thriller
6.   Durasi                    : 132 menit
7.   Tanggal Rilis         : 25 Desember 2014 (AS)
8.   Studio                   : a) Village Roadshow Pictures
                                                  b) Warner Bros Pictures

Sinopsis Film “American Sniper”
      American Sniper menceritakan seorang penembak jitu bernama Chris Kyle (Bradley Cooper) yang menjadi kebanggaan negara selama pertempuran di Timur Tengah. Mulanya Kyle adalah seorang pria yang berprofesi sebagai koboi rodeo. Satu sifat dasar yang mendorong Kyle untuk tertarik bergabung dengan satuan prajurit SEAL Amerika adalah keinginannya untuk melindungi orang-orang yang disayanginya. Setelah kejadian 9/11 di New York, ia pun memutuskan bergabung dengan pelatihan militer dan kemudian ditugaskan ke Irak.
Kyle memiliki seorang kekasih bernama Taya Renae (Sienna Miller) yang kemudian dinikahinya sebelum ia pergi bertugas. Tentu saja selalu muncul kekhawatiran bagi sang isteri yang ditinggal bertugas perang, apalagi bila keduanya tak bertemu kembali. Kapanpun maut bisa menjemput Kyle yang berkutat dengan senapan di lengannya.
Namun Kyle cukup beruntung menjalani tugas pertamanya. Bahkan ia dinilai sangat baik menjalankan tugas sehingga dijuluki sebagai seorang legenda. Mengalami apa yang terjadi di medan perang bukannya membuat Kyle takut, malah ia ingin tetap berada disana melindungi rekan-rekannya. Ia merasa amat bertanggung jawab apabila timnya gagal menjalankan misi. Sementara itu istrinya menganggap Kyle terlalu terobsesi dengan profesinya dan tidak memperhatikan keluarganya sendiri.  Kyle berargumen bahwa yang dilakukannya bukan hanya demi keluarganya sendiri, melainkan demi keseluruhan orang-orang di negaranya.
Di Ramadi, Irak , kota di mana dia ditugaskan telah membuat namanya sangat terkenal dan paling banyak korban jiwa dari pihak musuh. Di sisi lain, ada ratusan tentara AS yang dia selamatkan dari pejuang Al-Qaeda yang saat itu di bawah komando Abu Musab al-Zarqawi. Keadaan liar di tengah kota-kota Irak yang diliputi chaos menjadi arena tempur yang tidak bersahabat bagi tentara AS. Selain pejuang-pejuang darat yang siap berkonfrontasi, ada juga sniper yang tidak kalah jitu dari Chris Kyle di pihak musuh. Dia adalah seorang penerima medali emas atlet tembak jitu asal Suriah yang menjadi sniper juga berhasil menewaskan belasan bahkan puluhan tentara AS. Bahkan Chris Kyle sendiri hampir menjadi korban tembakannya. Dua sahabat Kyle menjadi korban tembakannya, disaksikan di depan matanya sendiri. Peristiwa tersebut yang memacu dirinya utk melakukan pembalasan dendam. Ada satu ketika, operasi dikhususkan untuk mencari sniper Suriah tersebut yang bersembunyi di gedung tingkat tinggi yang sebenarnya sangat mustahil untuk ditemukan.
Tapi oleh bidikan Chris Kyle yang sebenarnya menurut kacamata teman-temannya jauh di luar jangkauan tembakan, tembakan berbau spekulasi ini ternyata berhasil menewaskan sniper dari pihak musuh.
Namun pada akhirnya Chris Kyle meninggal bukan karena perang, dia meninggal karena dibunuh saat seorang veteran meminta tolong untuk memperbaiki rumahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Film “American Sniper”
·         Kelebihan : Film ini sangat menekankan sifat manusia yang pantang menyerah. Hal ini dapat dilihat dari Chris Kyle walau diolok-olok oleh prajurit lain karena dia masuk militer di usia yang tergolong tua yakni 30 tahun, namun Kyle tidak memperdulikan apa yang dikatakan oleh orang lain.
·         Kekurangan : Ada beberapa tokoh yang tiba-tiba menghilang dari film, misalnya adik Chtis Kyle yang pada awal cerita bertengkar dengannya namun sampai akhir cerita adik Kyle tidak ada.

Saran
Film ini masih kurang tokoh, sehingga hanya terpaku dalam 1 orang saja, sehingga perlu menambah beberapa tokoh lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar